Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan Kemenkeu Satu Jatim

Surabaya (24/1) - Dalam rangka mendukung program Kemenkeu RI dan Budaya Kementerian Keuangan, Bea Cukai Kanwil Jatim I turut berperan dalam Sekretariat Bersama Kemenkeu Satu Jawa Timur. Kemenkeu Satu adalah salah satu Inisiatif Strategis Kemenkeu melalui Penguatan Kolaborasi Budaya dan Sistem. Implementasinya dengan cara mengoptimalkan sinergi lintas unit eselon I dan unit eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan.

Bea Cukai Jatim I sendiri berkolaborasi dengan seluruh Unit Eselon II Kemenkeu di Jawa Timur membentuk Sekretariat Bersama Kemenkeu Satu Jawa Timur. Pada Kamis, 19 Januari 2023, telah dilantik Taukhid, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Probinsi Jawa Timur, menjadi Kepala Perwakilan Kemenkeu Satu Jatim, menggantikan P.M. John Liberty Hutagaol, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I. Adapun Kemenkeu Satu Jatim telah melakukan berbagai kegiatan seperti Joint Program dalam 5 (lima) sektor yaitu Joint Investigation, Joint Analysis, Joint Audit, Joint Proses Bisnis, dan Joint Collection, selain itu juga berbagai program dukungan terhadap UMKM seperti Festival UMKM, Kemenkeu Corpu Open Class, dsb.

Dari kolaborasi Kemenkeu Satu tersebut diharapkan peluang untuk menguasai berbagai bidang tugas di Kementerian Keuangan semakin terbuka dan pengoptimalan capaian kinerja masing-masing unit eselon I tercapai dengan maksimal.  Tak hanya itu, ekspektasi Kementerian Keuangan bahwa Budaya Penguatan Kolaborasi Kemenkeu ini dapat menjadi miniatur Indonesia kedepannya.