Bea Cukai Kanwil Jatim I Terima Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI Di Jawa Timur

Sidoarjo (20/01) –  Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, didampingi Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I, Untung Basuki, dan Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Agus Sudarmadi, menyambut baik kedatangan 9 (sembilan) anggota Komisi XI DPR RI dalam rangka Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR ke Provinsi Jawa Timur di PT ECCO Indonesia pada hari Kamis, 19 Januari 2023 . Kunjungan tersebut membahas mengenai penerimaan negara dari sektor bea cukai di Jawa Timur, peningkatan program penerima fasilitas kepabeanan di bidang ekspor, serta sejauh mana dukungan ekspor kepada IKM/UMKM dari instansi terkait di Jawa Timur.

PT ECCO Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha alas kaki  dengan hasil produksi berupa sepatu. PT ECCO Indonesia adalah perusahaan yang menerima fasilitas kepabeanan Kawasan Berikat. Salah satu alasan yang menjadikan PT ECCO Indonesia dijadikan perusahaan tujuan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR ke Provinsi Jawa Timur karena perusahaan ini mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 disamping juga sebagai penerima fasilitas Kawasan Berikat.

 

Acara diawali oleh PT ECCO Indonesia yang menjelaskan profil perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan Anggota Komisi XI DPR RI yang melaksanakan kunjungan kerja. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bea Cukai dan PT ECCO Indonesia karena sudah berkenan menerima kunjungan kerja dari Komisi XI DPR RI. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Bea dan Cukai juga meyampaikan terkait Fasilitas Kawasan berikat, yang salah satunya diberikan kepada PT ECCO Indonesia, sangat membantu perusahaan khususnya di masa pandemi Covid-19, karena perusahan penerima Fasilitas Kawasan Berikat diberikan penangguhan bea masuk, diberikan pembebasan cukai, dan/atau tidak dipunggut PDRI (Pajak Dalam Ragka Impor).

 

Acara diakhiri dengan diberikannya kesempatan kepada Pejabat Bea Cukai dan Anggota Komisi XI DPR RI untuk mengunjungi area produksi perusahaan dengan didampingi oleh Pimpinan Perusahaan PT ECCO Indonesia.