Bea Cukai Kanwil Jatim I Gelar Sosialisasi Ketentuan di Bidang Ekspor

Sidoarjo (20/1) - Bea Cukai Kanwil Jatim I berkolaborasi dengan Direktorat KBPJ dan Direktorat Teknis Kepabeanan selenggarakan Sosialisasi dan Internalisasi PMK 155/PMK.04/2022 tentang Ketentuan di Bidang Ekspor pada Kamis, 19 Januari 2023.

Sosialisasi yang digelar di Aula Bea Cukai Kanwil Jatim I tersebut dihadiri secara langsung oleh 69 perwakilan perusahaan penerima fasilitas kepabeanan dan cukai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I. Kegiatan tersebut juga disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube Bea Cukai Kanwil Jatim I. Hadir selaku pemateri, Vita Budhi Sulistyo, Kasubdit Ekspor di Direktorat Teknis Kepabeanan, dan Danang Praba, Pelaksana pada Dit. Teknis Kepabeanan, menyampaikan tentang pokok pengaturan yang tercantum dalam PMK 155 tahun 2022 serta pokok-pokok penyempurnaan peraturan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Erwin Hariadi, Kepala Subdirektorat Efisiensi Proses Bisnis Ekspor pada LNSW. Erwin menjelaskan bahwa pemerintah sedang menggodok rencana penerapan Single Submission (SSm) Ekspor yang akan mempercepat waktu layanan dan meningkatkan kemudahan bagi pelaku usaha karena adanya integrasi sistem Karantina, Bea Cukai, Kemendag, dan BI.

"Diharapkan dengan adanya PMK ini, dapat memberikan kepastian hukum, modernisasi sistem, dan penyederhanaan prosedur, sehingga dapat mendukung dan menyempurnakan proses bisnis sistem logistik nasional, utamanya untuk kegiatan ekspor yang menopang perekonomian kita," ujar Vita Budhi dalam penutup  materi yang disampaikan.

Untuk memberikan pemahaman mendalam terhadap PMK tersebut, diselenggarakan juga internalisasi kepada para pejabat dan pegawai di Lingkungan Bea Cukai Kanwil Jatim I secara hybrid. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat meningkatkan pemahaman seluruh pihak agar semakin kukuh dalam penerapan ketentuan baru tersebut.