Bea Cukai Jatim I Kenalkan Tugas dan Fungsi Kepada Mahasiswa UNNES

Sidoarjo (12/9) - Bertempat di Aula Bea Cukai Kanwil Jatim I, diterima kunjungan Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Senin, 16 Januari 2023. Kunjungan tersebut merupakan program Campus Goes To Customs oleh Kanwil Bea Cukai Jatim I sekaligus Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan oleh 48 Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi, UNNES.

Dalam sesi penyampaian materi, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Trimulyo Cahyono, menyampaikan sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi Bea Cukai. Trimulyo juga menyampaikan terkait modus-modus penipuan dan menghimbau para Mahasiswa agar waspada akan penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, Unit K-9 Kanwil Bea Cukai Jatim I juga turut serta memberikan materi dan mendemonstrasikan secara langsung mekanisme pengawasan dengan unit anjing pelacak. Selain itu, bertindak selaku pemandu acara, Alief dan Weka mengajak para Mahasiswa untuk mengenal dan memahami ciri-ciri rokok ilegal dengan memberikan contoh langsung berupa rokok hasil penindakan.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan oleh Dosen Pendamping Jurusan Akuntansi UNNES, Sastsya Yoga, bahwa UNNES tertarik untuk mengadakan mata kuliah Kepabeanan untuk para mahasiswa. Beliau juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesediaan Bea Cukai Kanwil Jatim I untuk menerima kunjungan sekaligus membagi ilmu terkait Kepabeanan dan Cukai kepada para Mahasiswa, ia berharap para Mahasiswa dapat mengambil momen tersebut sebagai kesempatan untuk memahami seputar Kepabeanan dan Cukai lebih jauh.